PANTAI SUNDAK

Sundak merupakan sebuah sendang atau sumber air yang berada di pantai Sundak ini. Menurut mitos leluhur adalah berasal dari kata Asu (Anjing) dan Landak,atau disingkat sundak,cerita ini berawal pada dahulu kala seorang warga setempat melihat seekor anjing tengah mengejar buruanya yaitu Landak. Landak berlari kearah terowongan dan si anjing tadi mengejarnya,setelah si anjing keluar terlihat anjing basah kuyup terkena air. Warga setempat yang melihatnya tadi lalu masuk kedalam trowongan,setelah masuk ternyata dalam terowongan tadi terdapat sumber airnya,dan masih tetap berguna sampai sekarang di konsumsi oleh warga sekitar. Itulah sedikit cerita mengapa dinamakan Pantai Sundak.


Pantai Sundak menyuguhkan pemandangan yang tak kalah indahnya,bagi para wisatawan yang berkunjung di sini pasti akan merasakan aura pantai yang berbeda. Ombaknya cantik dengan hamparan pasir putihnya seakan akrab menyambut ramah pada para pengunjung,deretan batu karang khas pantai selatan terlihat di kanan kiri bibir pantai.


Selain pemandanganya yang mempesonakan,Pantai Sundak akan terasa sejuk karena disekeleling pantai dipenuhi pepohonan yang rimbun dan menghijau. Pedagang-pedagang kaki lima dengan gasebonya tertata rapi menyajikan menu-menu tradisional dan sea food. Diantara pepohonan yang rimbun disini juga tersedia 1 Panggung permanen yang sengaja dibuat untuk pertunjukan/hiburan kepada para wisatawan yang datang, dan 1 Aula yang sangat luas juga tersedia di Pantai Sundak ini.


Pantai Sundak tepatnya berada di Desa Sidoharjo Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul DIY,akses kesini dibutuhkan kurang lebih 1 jam perjalanan dari kota Wonosari. 


Sekilas Video Pantai Sundak Gunungkidul





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.